Senin, 25 Februari 2019

Latihan Soal Produktif Pemasaran_Tata Niaga


1.        Seorang manajer pemasaran harus dapat mencoba untuk memahami proses pembelian produk untuk semua merk, merupakan langkah observasi pasar pada tahap ....
A.       menganalisis kebutuhan selektif dalam pasar yang relevan
B.       menganalisis kebutuhan primer untuk pasar yang relevan
C.       memenuhi kebutuhan para konsumen di pasaran
D.       menguraikan struktur produk pasar
E.        mendefinisikan pasar yang relevan
2.        Karakteristik pembeli terhadap suatu produk yang menyangkut faktor usia, jenis kelamin dan pendidikan, merupakan salah satu faktor ditinjau dari ....
A.       faktor demografi
B.       faktor permintaan
C.       faktor penawaran
D.       faktor selera
E.        faktor lokasi
3.        Kegiatan perencanaan pembelian, pemilihan barang yang harus dibeli, penetapan kualitas dan jumlah barang serta pemilihan sumber barang yang akan dibeli merupakan fungsi pokok pemasaran dalam kegiatan  ....
A.       melakukan pemilihan ukuran dan kelas
B.       melaksanakan pembelian
C.       melaksanakan penjualan
D.       melakukan pembelanjaan
E.        melakukan penyimpanan
4.        Berikut ini adalah ciri-ciri pasar :
1)      Terdapat satu penjual
2)      Baik produsen maupun konsumen mengetahui keadaan pasar
3)      Barang yang dijual bersifat homogen
4)      Masing- masing penjual menjadi pricetaker
       Yang merupakan ciri pasar persaingan sempurna adalah ...
A.       1, 2 dan 3
B.       1, 2 dan 4
C.       1, 3 dan 4
D.       2, 3 dan 4
E.        3 dan 4
5.        Rumusan tertulis yang disusun secara sistematis berupa pola kerja, prosedur kerja,,untuk  menentukan dan mengatur faktor-faktor yang dibutuhkan perusahaan serta sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan pemasaran merupakan definisi dari ....
A.       perencanaan pemasaran
B.       perencanaan strategis
C.       perkiraan pemasaran
D.       variabel pemasaran
E.        strategi pemasaran

6.        Perencanaan pemasaran dapat memberikan manfaat berupa  ....
A.       mendorong pola pikir yang sistematis mengenai masa depan perusahaan
B.        meningkatkan standar prestasi dan keuntungan perusahaan
C.        memberikan pendekatan yang teratur bagi usaha
D.       digunakan sebagai pedoman kerja pemasar
E.        koordinasi bidang pemasaran yang  baik
7.        Konsep yang beranggapan bahwa kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan adalah memenuhi  kebutuhan dan keinginan konsumen serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih baik dari para usaha pesaing, adalah  ...
A.       konsep produk
B.       konsep produksi
C.       konsep pemasaran
D.       konsep penjualan
E.        konsep perusahaan
8.        Perencanaan pemasaran dibuat sebagai persiapan yang akan digunakan untuk pedoman dan patokan dsalam melakukan tindakan yang akan dilakukan, Hal ini merupakan ...
A.       unsur rasional
B.        unsur estimasi
C.        unsur preparasi
D.       unsur instrinsik
E.        unsur operasional
9.        Penetapan harga pada permulaan pasaran yang dipasang dengan harga rendah kemudian dinaikkan secara bertahap, disebut ...
A.       Lining pricing
B.       Mark up pricing
C.       Margin price planning
D.       Skimming price planning
E.        Penetration price planning
10.    Penetapan harga produk bahan bakar minyak ( BBM ), beras, gula dan kebutuhan pokok lain yang ditetapkan pemerintah dipengaruhi oleh faktor penetapan harga yaitu ...
A.       perputaran modal
B.       peraturan pemerintah
C.       daya beli masyarakat
D.       harga produk pengganti
E.        harga produk pelengkap
11.    Biaya yang dikeluarkan untuk membuat 50 produk  meliputi biaya bahan baku Rp. 1.000.000,00 , biaya tenaga kerja Rp. 200.000,00. Jika perusahaan menginginkan keuntungan sebesar 10%, maka  harga jual satuan produk yang ditetapkan adalah ...
A.       Rp. 13.200,00
B.       Rp. 21.000,00
C.       Rp. 21.600,00
D.       Rp. 24.000,00
E.        Rp. 26.400,00
12.    Penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan, adalah termasuk salah satu jenis promosi ...
A.       advertising
B.       personal selling
C.       sales promotion
D.       public relation
E.        direct marketing
13.    Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media promosi adalah ...
A.       biaya, produk, pesan dan sifat media yang dituju
B.       biaya, harga produk, konsumen yang dituju
C.       tujuan promosi, harga produk, konsumen yang dituju
D.       produk, pesan dan konsumen yang dituju
E.        biaya, harga produk, sifat produk dan sifat media yang dituju
14.    Pelaku dan kekuatan yang secara langsung mempengaruhi pelayanan perusahaan terhadap pelanggan merupakan diskripsi dari ...
A.       lingkungan eksternal
B.       lingkungan internal
C.       lingkungan usaha
D.       lingkungan mikro
E.        lingkungan makro
15.    Diketahui data :
1)      Pemasok
2)      Perantara
3)      Sumber daya manusia
4)      Produksi
5)      Riset dan pengembangan
Data di atas yang merupakan faktor lingkungan mikro internal adalah ...
A.       1, 2, dan 3
B.       1, 2, dan 4
C.       1, 3 dan 4
D.       2, 3 dan 5
E.        3, 4 dan 5
16.    Penetapan visi misi perusahaan sangat penting dalam penentuan arah perusahaan. Salah satu tujuan penetapan visi perusahaan adalah ...
A.       mampu menetapkan perencanaan biaya secara matang
B.       menetapkan orientasi preferensi konsumen jangka panjang
C.       memiliki orientasi masa depan perusahaan
D.       penetapan biaya perusahaan
E.        mampu membuat peta strategi pelayanan 
17.    Analisa perusahaan terhadap wilayah pasar yang belum tergarap dengan baik yang memiliki preferensi konsumen suatu produk dimana perusahaan mampu memenuhi. Hal ini termasuk analisis SWOT dalam unsur ...
A.        strenght
B.        weakness
C.       opportunity
D.       threat
E.        segmentation
18.     Berikut ini yang termasuk dalam manfaat pengelolaan usaha adalah ...
A.       memiliki usaha yang berbadan hukum
B.       kegiatan usaha dilakukan secara berkala
C.       persaingan antar perusahaan berjalan ketat
D.       menentukan modal usaha yang diperlukan
E.        mendapatkan keuntungan perusahaan yang maksimal
19.    Demografis, teknologi, sosial dan budaya termasuk kedalam jenis lingkungan pemasaran ...
A.       lingkungan sosial budaya
B.       lingkungan masyarakat
C.       lingkungan ekonomi
D.       lingkungan makro
E.        lingkungan mikro
20.     Salah satu perijinan usaha yang diperlukan dalam mendirikan usaha adalah SITU ( Surat Ijin Tempat Usaha ), yang mutlak harus dimiliki oleh ...
A.       yayasan
B.       koperasi
C.       partai politik
D.       lembaga pendidikan
E.        badan usaha dan usaha perseorangan
21.    BUMN merupakan bentuk badan usaha yang ditujukan untuk pelayanan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Salah satu prinsip dalam pengelolaan BUMN adalah ...
A.       seluruh kegiatan usaha ditujukan untuk pelayanan kepada masyarakat
B.       kegiatan usaha untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat
C.       kegiatan BUMN ditujukan untuk keuntungan negara
D.       kegiatan BUMN ditujukan untuk monopoli negara
E.        BUMN merupakan milik negara sepenuhnya
22.     Prosedur permohonan SIUP Besar diajukan melalui ...
A.       Unit Pelayanan Perindustrian Kabupaten
B.       Unit Pelayanan Perizinan Kabupaten
C.       Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Kota/ Kabupaten
D.       Kanwil Perindustrian Perdagangan Propinsi
E.        Kementrian Hukum
23.    Konsep pemasaran lebih menekankan pada bagaimana memberikan kepuasan kepada konsumen daripada sekedar terjadinya penjualan. Penekanan ini disebabkan karena ...
A.       kepuasan memberikan keuntungan jangka panjang perusahaan
B.       konsep penjualan kurang memperhatikan preferensi konsumen
C.       kepuasan bisa menekan biaya operasional perusahaan
D.       konsep penjualan lebih menekankan profit
E.        kepuasan merupakan tujuan perusahaan
24.    Perusahaan Lejel Home Shopping merupakan perusahaan yang menerapkan model pemasaran ...
A.     direct mail marketing
B.     multi level marketing
C.     telemarketing
D.    website marketing
E.     direct selling
25.    Salah satu cara memperoleh modal usaha dengan mengajukan kredit kepada pihak bank, dibawah ini yang bukan termasuk kriteria yang harus dimiliki oleh peminjam adalah ...
A.        capital
B.        character
C.       condition
D.       capability
E.        colaboration
26.    Lokasi yang tepat untuk mendirikan usaha adalah ...
A.       trotoar
B.       bahu jalan
C.       taman kota
D.       pasar
E.        Bantaran sungai
27.     Kegiatan pemasaran yang mengkombinasikan berbagai aspek dalam pemasaran disebut ...
A.       bauran pemasaran
B.       strategi pemasaran
C.       tujuan pemasaran
D.       rencana pemasaran
E.        bauran penjualan
28.    Upaya memasarkan suatu produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi disebut dengan ...
A.       strategi perusahaan
B.       strategi pemasaran
C.       strategi penjualan
D.       strategi promosi
E.        strategi bisnis
29.     Usaha pemasaran untuk memusatkan pemasaran produknya pada salah satu atau beberapa kelompok pembeli potensial saja merupakan jenis strategi pemasaran ...
A.       repositioning
B.       market targeting
C.       consentrated marketing
D.       diferentiated marketing
E.        undiferentiated marketing
30.    Strategi yang dilakukan perusahaan otomotif Toyota dengan motto “Moving Forward” , merupakan strategi ...
A.       price
B.       place
C.       publish
D.       product
E.        promotion 
31.     Suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan diantaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perseorangan, organisasi atau perusahaan pada barang atau jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya ....
A.       manufacturer brand
B.       diferensiasi product
C.       diferensiasi merk
D.       produk
E.        merk
32.    Salah satu hal yang berkaitan dengan motif  langganan adalah ...
A.       lokasi penjualan strategis namun sulit dijangkau
B.       harga yang melebihi daya beli konsumen
C.       pelayanan yang ditawarkan
D.       penggolongan konsumen
E.        lokasi toko
33.    Kelompok produk yang berhubungan erat karena kelompok produk tersebut berfungsi dengan cara yang sama, dijual kepada kelompok pelanggan yang sama, dipasarkan melalui tipe gerai yang sama atau mempunyai kisaran harga yang sama, merupakan pengertian dari ...
A.       brand line
B.       product line
C.       intangiable product
D.       consumer product
E.        industrial product
34.    Proses memperkenalkan produk baru kepada penyalur dan pembeli, yaitu mengenai kemasan, merk, harga, promosi, dan  distribusi merupakan tahapan pengembangan produk baru ...
A.       analisa bisnis
B.       komersialisasi
C.       pengujian produk
D.       pengembangan produk
E.        pengujian produk di pasar
35.    Pada saat produk berada pada tahap penurunan (decline) dimana pasar yang dikuasai semakin sempit, maka upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah ...
A.       meningkatkan jumlah produksi
B.       meningkatkan jumlah penjualan
C.       meningkatkan usaha promosi penjualan
D.       menurunkan sedikit harga jual di pasar
E.        melakukan inovasi terhadap produk lama
36.    Praktek memanfaatkan saluran berbasis web untuk menyebarkan pesan tentang merk, produk, atau layanan perusahaan kepada calon pelanggannya disebut ...
A.       e-learning
B.       personal selling
C.       pemasaran online
D.       pemasaran direct selling
E.        pemasaran telemarketing
37.    Suatu kegiatan menuliskan sebuah artikel tentang sebuah produk, kemudian di publish di layanan wordpress.com disebut ...
A.        vlogging
B.        blogging
C.       googling
D.       searching
E.        browsing
38.    Usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat untuk orang lain dapat berupa artikel, blog, video atau audio adalah  ...
A.        viral marketing
B.        email marketing
C.       video marketing
D.       content marketing
E.        startegy marketing
39.    Salah satu metode pemasaran yang banyak digunakan oleh para internet marketer, meskipun tidak semua pelaku bisnis internet menggunakannya, yaitu ...
A.        email marketing
B.        google word
C.       instagram
D.       website
E.        blogging
40.    Jika ingin mengembangkan bisnis dan mendapatkan peluang jaringan B2B (business to business) maka cara yang efektif untuk mendapatkannya melalui ...
A.       email
B.       twitter
C.       pinterest
D.       faceebook
E.        linkedln

ESSAY :
1.       Sebuah observasi di sebuah toko ritel dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh display produk terhadap penjualan. Dari hasil observasi, diketahui terdapat penurunan penjualan karena display produk. Jelaskan apa yang harus dilakukan penjual untuk menanggapi hasil observasi tersebut ?
2.         Susunlah langkah-langkah dalam melakukan observasi pasar ?
3.         Jika anda membuka usaha baru, maka harus ada perencanaan pemasaran yang baik. Buatlah secara singkat rencana pemasaran dari produk usaha baru anda !
4.         Dalam perencanaan penetapan harga, harus memperhatikan faktor-faktor penting yang mempengaruhinya. Sebutkan faktor-faktor tersebut !
5.         Agar produk bisa sukses dan eksis di pasar maka produsen harus memperhatikan penyusunan perencanaan produk baru dengan tepat. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan perencanaan produk baru !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerapkan Pembuatan Email

  Menerapkan Pembuatan Email Definisi Email Email adalah kependekan dari electronic mail. Jadi singkatan email berasal dari bahasa inggris y...