Senin, 25 Februari 2019

Latihan Soal Produktif Pemasaran_Tata Niaga 2


1.        Pada langkah ini, seorang manajer pemasaran harus dapat mencoba untuk memahami proses pembelian produk untuk semua merk, pernyataan tersebut merupakan langkah....
a.         mendefinisikan pasar yang relevan
b.         menganalisis kebutuhan primer untuk pasar yang relevan
c.         menganalisis kebutuhan selektif dalam pasar yang relevan
d.        menganalisis pasar target potensial
e.         menguraikan struktur produk pasar
2.        Tiga macam karakter yang paling penting guna mengenali para pembeli yang membutuhkan bentuk produk di pasaran, yaitu....
a.         lokasi, demografis dan gaya hidup
b.         gaya pembeli, harga barang , kualitas barang
c.         demografi, gaya hidup dan kemampuan pembeli
d.        sarana prasarana, harga jual, kemampuan membeli
e.         gaya hidup, lokjasi pembelian, dan fasilitas konsumen,
3.        Bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja, sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor ) dan menguasai pasar adalah....
a.         pasar monopoli
b.         pasar monopolistik
c.         pasar monopsoni
d.        pasar oligopoli
e.         pasar oligopsoni
4.        Perencanaan yang berhubungan dengan fungsi-fungsi maupun tugas-tugas disebut....
A.        physical planning
B.        general combination planning
C.       single use planning
D.       functional planning
E.        comprehensive planning
5.        Dapat digunakan sebagai pola untuk melaksanakan apa yang akan dilakukan, termasuk,....
a.         manfaat perencanaan pemasaran
b.         tujuan perencanaan pemasaran
c.         teknik perencanaan pemasaran
d.         asas perencanaan pemasaran
e.         ruang lingkup perencanaan
6.        Konsep yang menyatakan bahwa konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk, kecuali jika produsen mengupayakan promosi dan penjuaan yang agresif adalah....
a.         konsep produk
b.         konsep produksi
c.         konsep penjualan
d.        konsep pemasaran
e.         konsep pemasaran masyarakat
7.        Perencanaan yang baik harus mengikuti perkembangan zaman atau kemajuan masyarakat, perubahan situasi dan kondisi yang tidak terduga. Ha ini termasuk sifat perencanaan ....
a.         faktual
b.         fleksibel
c.         rasional
d.        kontinu
e.         dealektis
8.        Penetapan harga bahan bakar minyak ( BBM ), beras, gula dan kebutuhan pokok lain yang ditetapkan pemerintah dipengaruhi oleh faktor penetapan harga yaitu ...
a.         hargta produk pengganti
b.         harga produk pelengkap
c.         perputaran modal
d.        peraturan pemerintah
e.         daya beli masyarakat
9.        Biaya total + Margin = Harga Jual, termasuk....
a.         mark-up pricing method
b.         skimming pricing
c.         cost-plus pricing method
d.         penetrasion pricing
e.         price lining
10.    Customer atau peanggan, compotitors atau pesaing, cost atau  biaya termasuk....
a.         hubungan antar harga dan mutu barang
b.         faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual
c.         penetapan biaya
d.        pengertian harga pokok
e.         unsur-unsur harga pokok
11.    Biaya yang di keluarkan untuk membuat 100 produk  meliputi biaya bahan baku Rp. 2.000.000,00 , biaya tenaga kerja Rp. 400.000,00. Jika perusahaan menginginkan keuntungan sebesar 10%, maka  harga jual satuan produk yang ditetapkan adalah ...
a.         Rp. 14.600,00
b.         Rp. 16.400,00
c.         Rp. 24.600,00
d.        Rp. 26.400,00
e.         Rp. 36.400,00
12.    Bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian, adaah jenis kegiatan promosi berupa ....
a.         promosi penjualan`
b.         identitas produk
c.         personal selling
d.        periklanan
e.         publisitas
13.    Mengubah periaku dan pendapat konsumen, merupakan ....
a.     tujuan promosi
b.    sasaran promosi
c.     manfaat promosi
d.    keuntungan promosi
e.     evaluasi promosi
14.    Faktor kependudukan ( jumlah penduduk ), keadaan ekonomi, fisik, teknologi, kondisi alam, kebijakanh politik, hukum dan kekuatan sosial atau kebudayaan , merupakan....
a.         lingkungan makro
b.         lingkungan mikro
c.         lingkungan bisnis
d.        lingkungan perusahaan
e.         lingkungan pemasaran
15.    Berikut ini yang termasuk lingkungan mikrp internal adalah....
a.         pemasok
b.         konsumen
c.         sumber daya manusia
d.        pesaing
e.         perantara
16.    Penetapan visi misi perusahaan sangat penting dalam penentuan arah perusahaan. Salah satu tujuan penetapan visi perusahaan adalah ...
a.         penetapan biaya perusahaan
b.         memiiki orientasi masa depan perusahaan
c.         mampu menetapkan perencanaan biaya secara matang
d.        menetapkan orientasi preferensi konsumen jangka panjang
e.         mampu membuat peta strategi pelayanan 
17.    Perusahaan mempunyai wilayah pasar yang belum tergarap dengan baik yang memiliki preferensi kosumen suatu produk dan perusahaan mampu untuk memenuhi. Hal ini masuk dalam...
a.         strenght
b.         weakness
c.         opportunity
d.         threat
e.         profit
18.    Berikut ini yang termasuk dalam manfaat pengelolaan usaha adaah....
a.         mendapatkan keuntungan perusahaan yang maksimal
b.         memiliki usaha yang berbadan hukum
c.         kegiatan usaha dilakukan secara berkala
d.        persaingan antar perusahaan berjalan ketat
e.         menentukan modal usaha yang diperlukan
19.    Persekutuan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan perusahaan dengan memakai salah satu nama dari sekutu adalah….
a.         persekutuan komanditer
b.         yayasan
c.         firma
d.        perseorangan
e.         perseroan terbatas
20.    Sistematika pendirian usaha perlu memperhatikan tahapan dalam pendiriannya, sehingga akan diketahui arah dan tujuannya secara jelas. Dalam pendirian usaha , hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah....
a.         identifikasi tujuan pendirian usaha
b.         identifikasi penentuan harga jual
c.         identifikasi penentuan proses pengolahan bahan baku
d.        penentuan biaya produksi dan harga jual
e.         penentuan konsep produk yang akan dijual.
21.    BUMN merupakan bentuk usaha yang ditujukan untuk pelayanan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Salah satu prinsip dalam pengelolaan BUMN adalah....
a.         BUMN merupakan milik negara sepenuhnya
b.         BUMN merupakan usaha bisnis monopoli negara
c.         seluruh kegiatan usaha ditujukan pelayanan kepada masyarakat
d.        kegiatan uaha diarahkan untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat dengan usaha lain
e.         kegiatan BUMN ditujukan untuk memberikan keuntungan kepada negara
22.    Surat yang diberikan kepada  pengusaha atau badan usaha yang sedang melakukan kegiatan usaha disuatu daerah dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditempat tersebut adalah....
A.       Surat ijin prinsip
B.       Surat Ijin Usaha Perdagangan
C.       Surat Ijin Usaha Industri
D.       Ijin Mendirikan Bangunan
E.        Surat Ijin Temopat Usaha
23.    Kegiatan dalam usaha pemasaran tidak hanya memindahkan barang/ jasa dari tangan produsen ke konsumen saja melalui sistem penjualan, tetapi banyak kegiatan lain yang juga dijalankan dalam kegiatan pemasaran, hal ini merupakan definisi dari....
A.    target pemasaran
B.     peranan pemasaran
C.     tugas pemasaran
D.    konsep pemasaran
E.     strategi pemasaran
24.    Salah satu model pemasaran yang dilakukan perusahaan dalam bentuk penjualan menggunakan website untuk menampikan informasi produk dan layanannya merupakan....
A.        tellemarketing
B.        internet marketing
C.       turbo marketing
D.       viral marketing
E.        website marketing
25.    Cara untuk memperoleh modal usaha salah satunya adalah dengan mengajukan kredit ke bank, di bawah ini yang tidak termasuk kriteria yang harus dimiiki peminjam adalah.....
A.       character
B.       capability
C.       capital
D.       condition
E.        colaboration
26.    Lokasi yang tepat untuk mendirikan usaha adalah....
A.       bantaran sungai
B.       trotoar
C.       bahu jalan
D.       taman kota
E.        pasar
27.    Sebuah usaha lebih strategis jika lokasinya terletak dekat tempat layanan umum karena ....
A.       lebih mudah mendapatkan informasi preferensi pembeli
B.       lebih mudah menekan biaya usaha
C.       konsumen mempunyai daya beli yang tinggi
D.       lebih mudah terlihat konsumen
E.        biaya produksi lebih rendah
28.    Bauran pemasaran penting dilakukan dalam upaya untuk mencapai target perusahaan. Bauran pemasaran merupakan...
A.       seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai target produksinya.
B.       seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai target promosi.  
C.       seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai target disribusi perusahaan.
D.       seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai target layanan
E.        seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai target pasarnya.
29.    Upaya memasarkan suatu produk baik bnarng maupun jasa dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi disebut dengan....
A.       strategi pemasaran
B.       strategi bisnis
C.       strategi penjualan
D.       strategi promosi
E.        strategi usaha
30.    Strategi yang diakukan perusahaan Toyota dengan motto Moving Forward merupakan strategi...
A.        Price
B.        product
C.       price
D.       place
E.        promotion
F.        publicity
31.    Proses pembedaan suatu produk atau jasa untuk membuat nya lebih menarik terhadap suatu pasar sasaran tertentu disebut....
A.       varian produk
B.       varietas produk
C.       deversifikasi produk
D.       different produk
E.        defferensiasi produk
32.    Cara merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati tempat khusus dan dihargai dalam benak pelanggannya disebut dengan ....
A.       Branding produk
B.       segementing produk
C.       targeting produk
D.       positioning produk
E.        diferensiasi produk
33.    Proses memperkenalkan produk baru kepada penyalur dan pembeli, yaitu mengenai kemasan, merk, harga, promosi, distribusi merupakan tahapan pengembangan produk baru....
A.       tahap pemunculan ide
B.       tahap pengembvnagan produk
C.       pengujian produk atau pasar
D.       analisis bisnis
E.        komersializsasi
34.    Berikut ini yang merupakan pengertian dari strategi pemasaran adalah...
A.       Upaya memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga meningkatkan citra produk.
B.       Upaya memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga meningkatkan penjualan.
C.       Upaya memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana dan taktik  tertentu sehingga meningkatkan promosi.
D.       Upaya memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana dan taktik  tertentu sehingga meningkatkan daya beli
E.        Upaya memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga menurunkan biaya produksi.
35.    Kegiatan penjualan dari seorang produsen atau penjual dengan memanfaatkan media internet selama 24 jam, tanpa harus menunggui tokonya disebut....
A.       penjuaan dengan menggunakan mesin otomatis
B.       penjualan teknologi
C.       penjualan on-line
D.       penjualan tidak langsung
E.        penjualan angsung
36.    Suatu kegiatan menuliskan sebuah artikel tentang suatu produk, kemudian di publish di layanan wordpress.com disebut...
A.        vlogging
B.        googling
C.       blogging
D.       searching
E.        browsing
37.    Salah satu metode pemasaran yang sejak dulu hingga kini banyak digunakan oleh para internet market, meskipun tidak semua pelaku bisnis internet menggunakan metode pemasaran yaitu....
A.        blogging atau konten website
B.        instagram
C.       fan page
D.       email marketing
E.        google words
38.    Salah satu fungsi di mana pengguna email bisa melampirkan materi untuk dikirimkan ke pengguna email lain adalah...
A.        send
B.       attachment
C.       forward
D.       delete
E.        post
39.    Berikut ini salah satu cara meningkatkan penjualan produk secara online dengan media Facebook adalah...
A.     menggunakan webstore

B.     menggunkan tokopedia
C.     menggunakan SEO
D.    FB profile
E.     FB Ads 


40.    Jika ingin mengembangkan bisnis dan mendapatkan peluang jaringan B2B ( Business of Business ) , maka cara yang efektif untuk mendapatkannya adalah....
A.        twitter
B.        facebook
C.       emai
D.       pinterest
E.        linkedln

II.  Jawablah petanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar !

1.         Dari hasil observasi, ada penurunan penjualan karena display produk tidak benar. Jelaskan apa yang harus dilakukan penjual ?
2.         Bagaimanakah langkah-langkah dalam melakukan observasi pasar, jeaskan !
3.         Jika anda memiliki usaha baru, maka harus ada perencanaan pemasaran. Buatlah secara singkat rencana pemasaran dari produk usaha baru anda !
4.         Dalam perencanaan penetapan harga dapat dilakukan dengan beberapa metode, salah satunya adalah berbasis persaingan. Jelaskan tiga penetapan harga yang terdapat dalam metode ini!
5.         Tahap pertama dalam proses perencanaan produk agar produk bisa sukses dan eksis di pasar adalah mengidentifikasi peluang. Bagaimanakah cara melakukan identifikasi peluang ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerapkan Pembuatan Email

  Menerapkan Pembuatan Email Definisi Email Email adalah kependekan dari electronic mail. Jadi singkatan email berasal dari bahasa inggris y...