Rabu, 27 Februari 2019

Penataan Produk Kelas XI Pemasaran

Pelabelan dan Layout

A. PENDAHULUAN

Salah satu lingkup pekerjaan pemasaran yang memerlukan kekhususan atau spesialisasi dan memerlukankemampuan analisis yang mendalam dan terstruktur adalah menata produk yaitu tentang pengetahuan penataan barang ( display produk ) yang sesuai dengan standard dan spesifikasi perusahaan , pemajangan barang merupakan salah satu aktivitas terpenting dalam keseharian operasional pengelolaan sebuah took output yang dihasilkan dari aktifitas yang satu ini berpengaruh langsung pada tingkat keberhasilan penjualan didalam took, terlebih bagi took – took ritel modern yang memiliki format layanan mandiri ( swalayan ) seperti minimarket, supermarket maupun hypermarket. Tak heran jika display yang pada dasarnya merupakan bagian dari promosi ini sering juga disebut “ the silent salesman “ untuk itu dalam modul akan dibahas tentang bagaimana membuat perencanaan visual penataan produk , cara-cara mendisplay produk memonitor display produk serta cara merawat display produk.
Kegiatan display ( penataan produk ) merupakan kegiatan dari suatu perusahaan untuk memajang baik barang dagangan dalam ruangan maupun diluar ruangan untuk dapat mempengaruhi calon konsumen secara langsung maupun tidak langsung terhadap barang yang akan dijual. Dengan demikian display merupakan suatu peragaan untuk mempengaruhi konsumen melalui demonstrasi pemajangan barang sehingga memperoleh kesan tersendiri bagi konsumen.

1. Standar Kompetensi : Menata produk
2. Kompetensi Dasar : Menginterprestasikan perencanaan Visual penataan produk            
3. Indikator Pencapaian  :
    a. Persyaratan design, penataan produk diidentifikasi sesuai teori yang ada
    b. Sumber daya yang dibutuhkan untuk mengimlementasikan display diidentifikasi.
    c. Cetak Biru penataan produk / display disiapkan sesuai prosedur perusahaan.
4. Tujuan Pembelajaran
    a. Siswa mampu mengidentifikasi persyaratan design penataan produk.
    b. Siswa mampu mengerahkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan perencanaan.       
    c. Siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan.
    d. Siswa mampu mengaplikasikan standar penataan produk perusahaan sesuai dengan perencanaan

B. MATERI

A. Pengertian dan fungsi penataan produk.

1.Tujuan Display
   a. Attention dan interest customer.
            Artinya menarik perhatian pembeli dilakukan dengan cara mengguna kan warna-warna,  
         lampu-lampu dan sebagainya.                      
    b. Desire dan action customer.
           Artinya untuk menimbulkan keinginan memiliki barang – barang yang
         Dipamerkan ditoko , setelah masuk took kemudian melakukan pembelian.

2. Pengertian penataan produk ( display )
  Secara umum display dibagi 3 bagian :
1.Window Display

    Adalah pemajangan barang dagangan di etalase atau jendela kegiatan usaha
Tujuan window display adalah untuk menarik minat kosumen sekaligus menjaga Keamanan barang.                
        Fungsi window display adalah :
        1. Untuk menarik perhatian orang.
        2. Memancing perhatian terhadapbarang yang dijual ditoko
        3. Menimbulkan impulse buying.
        4. Menimbulkan daya tarik keseluruhan toko
        5. Menyatakan kualitas barang yang baik dan ciri khas toko

      2.  Interior Display
           Adalah pemajangan barang dagangan didalam toko .
          Interior display terbagi 
          1. Merchandise display( Penempatan barang didalam took )
                Dibagi 2 bagian :
               a.  Open interior display
                  adalah penataan barang dagangan di dalam kegiatan usaha dimana barang   diletakkan
                  secara terbuka sehingga konsumen dapat melihat , mengamati tanpa bantuan petugas
                  penjualan.                      
                          
              Kebaikan dari open interior display antara lain :
              1. barang dagangan dapat dijual dengan cepat.
              2. Pemilik took dengan mudah mengadakan perubahan susunan pajangan bila mana
                  sewaktu-waktu diperlukan
              3. Alat-alat yang dipakai untuk memamerkan barang-barang sederhana 

            b. Close interior display
                 adalah penataan barang dagangan di dalam kegiatan usaha dimana   barang diletakkan
                dalam tempat tertentu , sehingga konsumen hanya dapat mengamati saja                        

        2.  Architectural display( menata gambar yang menunjukkan gambaran    penggunaan barang.
        3.   Store sign and decoration ( Simbol, tanda, poster dll )
        4.   dealer display ( Simbol petunjuk mengenai penggunaan barang yang dibuat produsen )

    3. Eksterior Display
         Adalah pemajangan barang dagangan ditempat tertentu diluar kegiatan usaha yang biasa
        digunakan.
                   
    4. Solari display 
       Adalah menempatkan barang dagangan dibagian departemen store sebagai daya tarik bagi
      konsumen setelah masuk ke dalam toko                  

       Syarat display yang baik adalah :
       1. Display harus mudah dilihat
       2. Display harus memperhatikan aspek keamanan.
       3. Display harus informative.

B.Desain

1. Desain Produk
        Suatu gatra dan usaha-usaha untuk menentukan sejenis produk yang sesuai dengan keinginan  para konsumen , Desain atau gatra adalah merupakan wujud lahiriah yang tampak mengenai garis ( line ) bentuk ( form) dan warna ( colour ). Tiga unsure tersebut dari suatu produk perlu dibuat sedemikian rupa , sehingga akan diperoleh keindahan dan kesesuaian serta keserasian dari  pada suatu produk.                 
                        
        Produk desain dihadapkan pada 3 pilihan yaitu :
        1. Produk dapat ditempatkan pada salah satu pasaran.
        2. Produknya dapat ditampilkan lebih banyak jenisnya untuk merebut lebih Banyak pasaran.
        3. Produknya dirancang dan dapat ditempatkan di tengah-tengah pasaran.

        Adapun tujuan perusahaan menciptakan produk desain adalah sebagai berikut : 
        a. Menciptakanj hasil produksi yang sesuai dengan selera konsumen .
        b. Menciptakan hasiln produksi yang berfaedah dan disenangi konsumen
        c.menciptakan produk yang mudah pemeliharaannya.

        Sedangkan produk desain yang diciptakan perusahaan meliputi hal-hal sebagai berikut :
        a. Bentuk, warna, corak, ukuran , model,jenis,mutu dan lainnya.
        b. Kuantitas produk.
        c. Kuantitas bahan penolong.
        d. Penelitian tes produk. 
  
2. Proses pembuatan produk desain ( Gatra produk )
        a. Faktor teknis
                Faktor teknis dapat menentukan :
               1) Kualitas produk yang diinginkan .
               2) Jumlah produk yang akan diproduksi.
               3) Bahan-bahan yang akan dipergunakan 
               4) Struktur produksinya.
                   - Prosesnya harus berubah-ubah
                   - Proses harus fleksibel.
                   - Proses harus permanen
         b. Faktor ekonomis
                Biaya-biaya proses produksi harus seekonomis mungkin atau sehemat-hematnya. 

3. Elemen Desain Toko
        Ada 5 elemen disain took :
        1. Display
        2. Signage
        3. Graphichs
        4. Merchandising
        5. Pont of sale ( POS )

C . Macam Barang Dan Karakteristiknya

      1. Jenis dan spesifikasi produk
          Produk harus mempunyai 3 tingkatan yaitu :
          a. Produk inti
          b.Produk berwujud 
          c.Produk tambahan
                            
      2. Jenis dan kualitas produk
          Dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas produk , setiap perusahaan harus mempunyai
          strategi :   
                
          a. Penyempurnaan kualitas
          b. Penyempurnaan cirri khas produk
          c. Perteknikan
          d. Keanekaragaman
          e. Pernyataan kualitas

       3. Sifat dan manfaat produk
           a. Barang tahan lama ( Durable goods )
           b. Barang tidak tahan lama ( Non durable goods )
           c. Barang yang bersifat klasikal
           d. Barang yang bersifat konteporer
           e. Barang yang bersifat adjustable
           f. Barang yang bersifat luxirius
           g. Barang yang bersifat prestisius
           h. Barang yang bersifat praktis

    4.   Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian oleh pemakai yaitu :
          a . Barang industry
          b. Barang konsumsi terdiri dari :
a. conveience goods  adalah barang – barang yang biasanya dibeli oleh konsumen sering kali atau kadang-kadang dengan pengorbanan seminimum  dalam memilih dan membelinya.                                                                                                   
b. shopping good adalah produk-produk dimana langganan membandingkan dengan produk lain yg bersaing
c. specialy goods adalah barang yang memiliki karakteristik atau merek yang unik 
d.unsought goods adalah barang yang tidak diketahui oleh konsumen tetapi tidak terpikir untuk membelinya.
                                              
    5. Menggolongkan barang-barang
Dilakukan dengan cara :
        1. Pengelompokan berdasarkan penggunaan barang
        2. Pengelompokan berdasarkan merek barang yang sama
        3. Pengelompokan berdasarkan ukuran barang
        4. Pengelompokan barang –barang kebutuhan konsumen

D. Klasifikasi produk
Contoh pengelompokan barang sebagai berikut :
        a. Klasifikasi barang elektronik 
        b. Klasifikasi barang untuk pakaian

E. Warna dan Merek Produk
1,Warna dapat dibedakan :
            a. Warna terang yaitu :
                 Kuning muda, nila, abu-abu ,hijau muda dan biru muda.
            b. Warna cerah yaitu :
                 Hijau laut, hijau zamrut, kuning mas, merah bata, dan jingga.
            c. Warna gelap yaitu :
                 Hitam, biru,hijau lumut,kopi,cokelat dan merah hati.
  2. Merek produk dalam klasifikasi produk
           Merek dagang adalah sebuah nama, istilah tanda symbol atau desain atau kombinasi dari semuanya ini dimasudkan  untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari seseorang penjual atau kelompok penjual untuk membedakannya dari produk atau jasa pesaing.  
            Sebelum hal ini  dibahas lebih lanjut ada baiknya kalau diketahui terlebih dahulu arti dari   istilah-istilah di bawah ini :
             Nama Merek            : Bagian dari suatu merek yang dapat dihapalkan.
             Tanda Merek/label  : Bagian dari suatu merek yang dapat dikenali tetapi tidak dapat diapalkan suatu symbol, desain atau semacamnya. Misalnya : Singa    untuk perusahaan Film, kuda laut untuk pertanian.

             Secara umum label Dapat dibedakan yaitu :
             a. Label merek ( Brand label )
             b. Label tingkat kualitas.
             c. Label diskritif.
                 Merek dagang            : Merek atau bagian dari suatu merek yang mendapat 
                                                       Perlindungan hokum karena mampu untuk memperoleh hak secara eksklusif.
                 Hak Cipta                 : Hak sah eksklusif untuk memproduksi, menerbitkan dan menjual bahan bentuk tulisan, music atau karya seni.
   

C. R A N G K U M A N

1. Pengertian display adalah penataan barang dagangan di tempat tertentu dengan 
    Tujuan agar menarik minat konsumen untuk melihat dan akhirnya membeli 
    Produk yang ditawarkan.
2. Tujuan display adalah untuk memperkenalkan barang dagangan , menarik 
     Perhatian pengunjung untuk melihat , memegang barang dagangan yang kita 
     Pajang.
3. Display dapat dibagi menjadi tiga yaitu :
1. Window display
2. interior display
3. eksterior display
4. Tujuan utama dari pengelompokan dan pengklasifikasian produk adalah untuk 
    Memudahkan pengelolaannya.
5. Merek dagang adalah sebuah nama, istilah,tanda, simbol atau desain atau 
    Kombinasi dari seluruh yang dimaksud.

DAFTAR PUSTAKA

Angipora, Marius P. 1999. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dra Devi Puspitasari, MPd 2007,Menata Produk, Jakarta: Cv Pandu Karya
Barata, Atep Adya.1995.Bisnis Lanjutan. Cetakan Ke-2. Bandung : Armico
Kotler,Philip.1986.Manajemen Pemasaran : Analisis,Perencanaan,dan Pengendalian.
Edisi kelima.Jakarta:Erlangga.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerapkan Pembuatan Email

  Menerapkan Pembuatan Email Definisi Email Email adalah kependekan dari electronic mail. Jadi singkatan email berasal dari bahasa inggris y...